Kamis, 25 Agustus 2016

INDUKTOR

Image result for induktor
Pengertian Induktor
Induktor adalah komponen elektronika yang terbentuk dari susunan lilitan kawat yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang disebabkan oleh aliran arus listrik yang melintasinya. Kemampuan menyimpan energi magnetik pada sebuah induktor disebut induktansi serta ditentukan menggunakan satuan Henry. Medan magnet tercipta pada induktor dikarenakan hukum induksi atau hukum Faraday.
Induktor merupakan komponen elektronika pasif dan apabila ditambahkan dengan kapasitor, mereka bisa menjadi sebuah rangkaian resonator yang bisa bersenonansi pada frekuensi tertentu. Dalam sebuah rangkaian elektronika Induktor disimbolkan dengan huruf L.

Simbol Induktor
 
Fungsi Induktor
1. Penyimpan energi dalam bentuk medan magnet
2. Sebagai pemfilter
3. Sebagai penalaan atau tuning
4. Menahan arus bolak-balik (AC)
5. Meneruskan / meloloskan arus searah (DC)
6. Dapat merubah arus DC ke AC, dengan adanya medan magnet

Macam - Macam Induktor 
Macam-macam Jenis Induktor Kebanyakan nama Induktor dibeda-bedakan menurut inti yang digunakan pada Induktor tersebut, berikut macam-macam Induktor:
1. Induktor inti udara (air core inductor)
2. Induktor inti Feromagnetik (ferromagnetic core inductor)
3. Induktor inti laminasi (laminated core inductor)
4. Induktor inti ferit (ferrite core inductor)
5. Induktor inti toroida (toroidal core inductor)
6. Induktor Variabel (varible inductor)
7. Induktor frekuensi radio (radio frequency inductor)

Terjadinya Medan Magnet
1. Induktansi Searah
Bila kita mengalirkan arus listrik melalui kabel, terjadilah garis-garis gaya magnet. Bila kita mengalirkan arus melalui spul atau coil ( kumparan ) yang dibuat dari kabel yang digulung, akan terjadi garis-garis gaya dalam arah sama yang membangkitkan medan magnet. Kekuatan medan magnet sama dengan jumlah garis-garis gaya magnet, dan berbanding lurus dengan hasil kali dari jumlah gulungan dalam kumparan dan arus listrik yang melalui kumparan tersebut.

2. Induktansi Bolak-balik
Bila dua kumparan ditempatkan berdekatan satu sama lain dan salah satu kumparan ( L1) diberi arus listrik AC, pada L1 akan terjadi fluks magnet. Fluk magnet ini akan melalui kumparan kedua (L2) dan akan membangkitkan emf ( elektro motorive force ) pada kumparan L2. Efek seperti ini disebut induksi timbal balik ( mutual induction ). Hal seperti ini biasanya kita jumpai pada transformator daya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Games